Tips Pemasangan Rangka Baja Ringan dengan Benar

Tips Pemasangan Rangka Baja Ringan dengan Benar

Sebagian besar bangunan rumah minimalis biasanya menggunakan rangka atap baja ringan. Pemilihan rangka atap baja ringan karena sangat kuat hingga mampu menopang beban.

Kerangka atap baja ringan rumah memiliki kelebihan yakni mampu bertahan lebih dari 10 tahun. Selain itu, material baja yang digunakan adalah baja bermutu tinggi, hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium.

Sedangkan baja di-treatment hingga tipis, lalu ditarik hingga mutu atap baja ringan tinggi. Kekuatannya sama dengan baja-baja biasa. Kuat, bisa diinjak-injak, untuk menahan beban genteng, plafon, memasang lipslang dan listrik.

Untuk pemasangan atap baja sangat efisien dan tidak memakan waktu yang lama. Bahkan saat pemasangan, tempatnya relatif bersih, tak banyak sisa-sisa potongan. Kenyamanan memakai baja ringan diakui oleh banyak orang.

Berikut ini cara pemasangan rangka atap baja ringan yang benar:

1. Bentuk atap Baja ringan

Perhatikan bentuk atap yang akan di bangun karena sebagai faktor penentu estetika atau keindahan atap bangunan (bentuk atap).

2. Menghitung Volume Baja Ringan

Volume baja ringan biasanya semakin banyak jurai semakin luas atap semakin mahal. tentunya berbeda dengan atap sederhana (cek hitungan perkiraan).

3 Mempersiapkan Gambar Kerja

Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda.

Gambar kerja yang dikeluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan dipakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter.

4. Bahan Baja Ringan Label SNI

Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI di setiap batang baja ringan.

Teliti dulu sebelum membeli, konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan).

5. Penutup Atap tentukan terlebih dahulu

Penentuan ketebalan Baja ringan biasa tergantung atap yang di pakai, biasa semakin berat genting yang akan di pakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan.

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA!

KAMI ADALAH SOLUSI DAN JAWABAN TERBAIK ANDA